Manfaat Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah yang memiliki nama ilmiah Solanum lycopersicum ini adalah tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan.

Biasanya buah tomat yang sering ditemukan di pasaran memiliki warna hijau atau merah. Nah, sebelum mengonsumsi buah yang satu ini, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat tomat bagi kesehatan tubuh.

Selain bisa mendatangkan dampak positif untuk kesehatan tubuh, manfaat tomat juga bisa dirasakan untuk menunjang kecantikan wanita. Kandungan vitamin C dalam tomat dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah serta mengecilkan pori-pori kulit. Selain itu tomat juga mengandung antioksidan, kalium, folat dan vitamin K.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Melawan Penyakit Jantung

Kandungan likopen dalam tomat bisa melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular. Likopen merupakan senyawa yang paling banyak terkandung dalam tomat. Kandungan itu bisa meningkat jika tomat diolah menjadi saus atau jus. Penyakit kardiovaskular yang dimaksud adalah serangan jantung dan stroke.

2. Pencegah Kanker

Kanker adalah istilah umum untuk pertumbuhan sel-sel abnormal yang menyebar dalam tubuh. Hasil penelitian membuktikan jika tomat bisa mengurangi risiko seseorang terkena berbagai jenis kanker, seperti: prostat, paru-paru, lambung, dan payudara. Kandungan likopen dalam tomat bisa menjadi antioksidan pemusnah radikal bebas dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam tomat sangat dibutuhkan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. kolagen inilah yang membuat kekencangan kulit selalu terjaga. Selain itu vitamin C dalam tomat juga berkhasiat untuk membuat kulit menjadi tampak lebih sehat dan bercahaya. Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang kencang, bersih dan bercahaya, tak ada salahnya mengonsumsi tomat.

4. Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata seringkali menjadi momok yang akan mengganggu penampilan kita. Adanya kantung mata membuat kita kelihatan seperti orang yang baru bangun tidur yang terlihat letih dan lesu. Dengan rutin menempelkan tomat di bagian mata, maka kantung mata akan berkurang dan wajah kembali terlihat segar.

5. Mengurangi Peradangan

Lagi-lagi kandungan lycopene dalam tomat mengandung khasiat yang ampuh bagi tubuh, salah satunya sebagai anti-inflamasi. Vitamin A dan C yang terdapat dalam tomat juga dapat mengurangi bengkak yang diakibatkan karena infeksi penyakit. Berbagai kandungan itu terbukti ampuh untuk mengurangi peradangan di paru-paru dan seluruh tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel, tomat juga memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dalam tomat akan membantu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang. Sehingga mata bisa menginterpretasikan warna dengan baik dan kesehatannya pun akan terjaga.

7. Memperbaiki Kualitas Pencernaan

Kandungan serat dan cairan pada tomat terbukti ampuh untuk mengatasi konstipasi alias sembelit. Meski begitu disarankan untuk tidak terlalu banyak memakan tomat bagi Anda yang memiliki perut sensitif. Pasalnya mengonsumsi tomat dalam jumlah yang berlebih dapat memicu naiknya asam lambung.

8. Menjaga Kesehatan Pasien Diabetes

Rutin mengonsumsi tomat bisa menurunkan kadar peroksidasi lemak pada penderita diabetes tipe dua. Reaksi tersebut berkaitan dengan radikal bebas yang meningkatkan risiko serangan jantung. Anda bisa mengonsumsi tomat di pagi hari sebagai pengganti buah lainnya. Atau bisa juga diolah sebagai jus sebagai alternatif menu sarapan.

9. Melawan Karsinogen Pada Perokok

Merokok bisa meninggalkan senyawa karsinogen pada tubuh. Senyawa tersebut bisa menyebabkan kanker dengan cara memengaruhi gen atau merusak sel-sel normal pada tubuh. Kandungan asam chlorogenic dan coumaric bisa melawan karsinogen yang ditimbulkan dari rokok. Dengan mengonsumsi tomat, mantan perokok bisa kembali mendapatkan tubuh yang sehat.

Tinggalkan komentar