danar Seorang yang senang berbagai melalui tulisan.

Sejarah Internet

2 min read

sejarah-internet

Awal mula sejarah internet yakni dari sejarah komputasi ini pada tahun 1969, oleh Jaringan Badan Proyek Penelitian Lanjutan (ARPANET) Departemen Pertahanan AS. Internet yang merupakan salah satu sangat berpengaruh saat ini. Tak hanya orang dewasa, bahkan kaum remaja milenial juga mengerti tentang internet.

Peneliti yang didanai oleh ARPA mengembangkan banyak protokol yang digunakan untuk komunikasi Internet saat ini. Melihat perkembangan internet yang begitu canggih, anda perlu mengetahui bagaimana sejarah internet berkembang hingga akhirnya sangat memengaruhi penggunanya dari mulai bangun tidur hingga menuju istirahat lagi.

Sejarah Internet Mulai Tahun 1965-1979

Sejarah-Internet-1965

Pada tahun 1965, dua komputer di MIT Lincoln Lab berkomunikasi satu sama lain menggunakan teknologi packet-switching untuk pertama kalinya. Perkembangan internet berlanjut di tahun 1968, Beranek dan Newman, Inc. (BBN) meluncurkan versi final spesifikasi Interface Message Processor (IMP) dan akhirnya, BBN memenangkan kontrak ARPANET.

Kemudian, pada tahun 1972, BBN Ray Tomlinson memperkenalkan tentang email jaringan. Kelompok Kerja Internetworking, dibentuk untuk menjawab kebutuhan membuat protokol standar. Dilanjutkan tahun 1973, Jejaring global lahir ketika University College of London (Inggris) dan Royal Radar Establishment (Norwegia) terhubung ke ARPANET. Istilah Internet pun lahir pada tahun ini.

Setelah istilah internet lahir, pada tahun 1974 Penyedia Layanan Internet (ISP) pertama kali lahir dengan diperkenalkannya versi komersial ARPANET, yang dikenal sebagai Telenet. Pada tahun ini, Vinton Cerf dan Bob Kahn (Duo Bapak Internet) menerbitkan “Protokol untuk Interkoneksi Jaringan Paket,” yang merinci desain TCP.

Sejarah Internet Pada Tahun 1981-1990

Sejarah-Internet-1981

Berlanjut di tahun 1981, National Science Foundation (NSF) memberikan hibah untuk mendirikan Computer Science Network (CSNET) untuk menyediakan layanan jaringan bagi para ilmuwan komputer universitas.

Setahun kemudian, Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP), sebagai paket protokol, umumnya dikenal sebagai TCP / IP, muncul sebagai protokol untuk ARPANET. Ini menghasilkan definisi baru dari Internet sebagai koneksi TCP / IP yang terhubung. TCP / IP tetap menjadi protokol standar untuk Internet.

Lanjut pada tahun 1983, Sistem Nama Domain (DNS) menetapkan sistem .edu, .gov, .com, .mil, .org, .net, dan .int yang dikenal untuk penamaan situs web. Ini lebih mudah diingat daripada penunjukan sebelumnya untuk situs web, seperti 123.456.789.10.

Internet terus berkembang hingga di tahun 1990, Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan di CERN, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, mengembangkan HyperText Markup Language (HTML). Teknologi ini memiliki dampak besar pada internet hingga zaman sekarang.

Sejarah Internet di Tahun 1991-2016

Sejarah-Internet-1991

Pada tahun 1991, CERN mulai memperkenalkan World Wide Web kepada publik dan setahun kemudian, Audio dan video pertama didistribusikan melalui Internet. Semenjak itu, ungkapan “browsing Internet” dipopulerkan.

Berlanjut di tahun 1994, Yahoo! dibuat oleh Jerry Yang dan David Filo, dua mahasiswa pascasarjana teknik listrik di Universitas Stanford. Situs ini awalnya disebut “Panduan Jerry dan David untuk World Wide Web.” Perusahaan ini kemudian didirikan pada Maret 1995. Hingga di tahun 1998, Mesin pencari Google lahir dan mulai digemari oleh pengguna internet.

Di tahun 2003, Myspace, Skype dan browser Safari Web debut, WordPress pun diluncurkan. Tahun setelahnya, Facebook dan era jejaring sosial dimulai. Di tahun ini pun, Mozilla meluncurkan browser Mozilla Firefox, YouTube.com dan situs berita sosial Reddit juga didirikan. Hingga di tahun 2010, Pinterest dan Instagram diluncurkan.

Hanya dalam kurun waktu 3 tahun, menurut survei yang dilakukan oleh Pew Research Center, 51% orang dewasa AS melaporkan bahwa mereka melakukan kegiatan bank melalui online.

Kecanggihan internet terus berkembang hingga tahun 2016, Google akhirnya meluncurkan Google Assistant, program asisten pribadi yang diaktifkan suara, menandai masuknya raksasa Internet ke pasar asisten komputerisasi “pintar”. Google bergabung dengan Amazon Alexa, Siri dari Apple, dan Cortana dari Microsoft.

Sejarah Internet Tahun 2017-2019

Sejarah-Internet-2019

Kini Internet bagi masyarakat Indonesia telah berubah menjadi kebutuhan kehidupan sehari-hari mereka. Perkembangan sejarah internet di Indonesia sangat mengalami perubahan yang pesat. Nyatanya orang-orang yang mangakses internet pada mulanya hanya sekitar 29 Persen pada tahun 2013 kini terus bertumbuh hingga mencapai 59 persen di tahun 2017.

Negera Indonesia juga telah diketahui sebagai pertumbuhan ekonomi digital masa yang akan datang terbesar dan tercepat asia tenggara. Tak heran jika total ekonomi digital di Indonesia pada tahun 2018 telah menjadi sekitar 27 Triliyun USD.

Maka dengan perkembangan internet yang cukup pesat sampai hingga saat ini, pemasaran melalui internet juga telah memberikan pengaruh yang signifikan bila dibanding dengan pemasaran dengan cara tradisional. Layanan-layanan berbasis internet dapat berkembang dan jauh lebih menjadi prioritas pada tahun 2019 dan akan menjadi peluang bagi perusahan-perusahaan akan jauh berkembang dan maju.

 

danar Seorang yang senang berbagai melalui tulisan.

Contoh Surat Pribadi

danar
1 min read

Contoh Daftar Pustaka

danar
2 min read

Contoh Kata Pengantar

danar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *